Menampilkan Author Profile di Search Engine Google

Assalamualaikum w. w. Bagaimana kabarnya sahabat yang budiman. Dipagi yang cerah ini dan ditemani lantunan lagu Opick yang syarat dengan nilai nilai religi saya akan coba membagikan sedikit pengalaman tentang menampilkan author profile (g +) di halaman search engine google. Pengetahuan ini saya dapatkan dari hasil pencarian di google ditambah dengan keterangan di google web master, kira kira tampilanya seperti gambar di sebelah.

Bagi sahabat yang mau melihat detail informasinya di google web master silahkan masuk ke dashboard google web master untuk blog sahabat, kemudian di menu lab terdapat tab statistic penulis / author statistic. Dihalaman tersebut akan ada navigasi ke halaman cara verifikasi karya cipta, kita tinggal mengikuti petunjuk yang diberikan disana.
Petunjuk google untuk verifikasi author
Berikut saya bagikan juga pengalaman saya mencoba verifikasi author blog dan Alhamdulillah foto saya nangkring juga di search engine google. Adapun langkah langkah yang saya lakukan pada waktu itu antara lain :
edit google profile
  • Kita harus mempunyai account  g+, kayaknya sudah semua blogger mempunyai account google plus, namunn jika belum kita bisa lakukan migrasi. Dari blogger dashboard terdapat menu g +, klik disana dan lanjutkan proses migrasinya.
  • Masuk ke profile google plus dan upload foto yang akan mewakili profile sahabat. Dibeberapa blog dijelaskan bahwa fotonya kelihatan wajahnya dll, saya rasa yang penting mewakili bloggernya, ya thoh,he2….atur aja.
edit contributor to
  • Masih dihalaman profile, klik pada tab edit profile kemmudian klik tab about dan sahabat scroll ke bawah dan temukan “contributor to” . Setelahnya silahkan masukan alamat blog sahabat kemudian di save dengan demikian step pengeditan di account google plus sudah selesai.
Sekarang tugas kita selanjutnya adalah membuat link yang menghubungkan blog kita atau setiap posting (posting url) dengan google profile yaitu dengan menyisipkan code berikut :

<a href="https://plus.google.com/107016777586933148027" rel="author">Jocker Tutor</a>

Caranya cukup beragam, yang pernah saya lakukan adalah :
  • Membuat sebuah halaman / page baru judulnya terserah bisa “tentang saya” atau “about me” silahkan. Sisipkan code diatas pada halaman tersebut.
<a href="https://plus.google.com/107016777586933148027" rel="author">Jocker Tutor</a>

  • Ganti code dengan warna merah dengan id google profile dan nama profile sahabat.
Oke untuk pagenya sudah, jika kita preview mengunakan google snipet tools maka fotonya sudah nangkring, namun itu baru di halaman utama / Home jadi untuk setiap posting fotonya belum ada. Terus bijimana donk ..? La ya biji itu,he2…

Agar muncul disetiap posting, maka page yang ada code google profilenya harus kita link ke setiap posting. Nah bagaimana kira kira sahabat paham ya kamsudnya,he2….jadi page “about me” link “setiap posting”. Caranya ..?? yang terpikirkan bagi saya ada 2 alternatif yaitu :
1.   Menyisipkan code link ke halaman "about me"
  • Dihalaman dashboard, pilih setting, pos and comment pada "template entry" klik add kemudian sisipkan code berikut :
<a href='http://www.blog sahabat.blogspot.com/p/about-me.html' rel='author'></a>
  • Penjelasan : kode ini akan otomatis ditambahkan setiap kita membuat posting baru,yang lama tidak, jadi manual. Silahkan ganti kode warna merah dengan blog sahabat.
2. Bagi sahabat yang sudah punya author box dibawah postingan, bisa menyisipkan code diatas di box tersebut karena box tersebut akan muncul disetiap postingan jadi cara ini lebih effektif. Bagi yang belum punya, silahkan simak cara membuat author box dibawah postingan.Silahkan sisipkan code berikut di author box sahabat :

<a href='http://www.blog sahabat.blogspot.com/p/about-me.html' rel='author'>Tentang Author</a> 

Saya sendiri code ini saya sisipkan di author box dengan text "Tentang Author", silahkan arahkan kursor sahabat maka akan muncul link ke page yang terdapat google profile saya.
Setelah semua beres, alahkah baiknya kita coba periksa kembali apakah setting yang kita lakukan sudah benar. Kita dapat melihat hasilnya dengan sample preview. Kunjungi link berikut ini dan masukan alamat blog sahabat kemudian klik preview. Rebes deh..

snippet tools preview

Nah sahabat minetutor, demikian lah step step yang dapat kita lakukan agar foto keren kita nangkring di google search engine. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.





Comments

  1. di bookmark dulu om admin, kalau nanti diperlukan langsung action..thanks.

    ReplyDelete
  2. Dulu udah tau tentang ini, tapi waktu itu belum terlalu tertarik dengan alasan privasi. Tapi kok ane sekarang pengen nyoba foto ane nongkrong di Google ya, wkakakak. Ane praktekin dl tipsnya sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip brother, motivasi masing masing kita kan beda beda, ya tinggal di sesuaikan aja.

      Delete

Post a Comment